Jumat, 22 Juli 2011

Sujud Sahwi Shalat Dhuha

Chazanah

Pertanyaan:
Assalamua’laikum warahmatullahi Wabarakatuh 1. Saya minta tolong bacaan sujud sahwi 2. Dan berapa rakaat shalat sunnat dhuha dan apa doanya? Terima kasih

Jawaban:
Assalamualaikum Wr. Wb. 1. Sampai saat ini kami belum menemukan riwayat yang shahih dari Rasulullah SAW tentang bacaan yang khusus diucapkan saat sujud sahwi. Sedangkan lafaz subhana man laa yanamu wa la yashu hanya terdapat pada kitab tulisan Ibnu Nawawi Al-Jawi yang bernama Nihayatuz Zain pada juz 1 halaman 81 dan kitab Hasyiah At-Tahawiyah Ala Maraqil Falah karya At-Tahawi Al-Hanafi juz 1 halaman 298. Namun sayangnya, kedua kitab itu tidak mencantumkan dalil apakah lafaz itu dari perbuatan Rasulullah SAW atau bukan. 

2. Shalat Dhuha adalah salah satu shalat sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan sebagai shalat tambahan. Jumlah rakaat shalat dhuha tidak dibatasi jumlahnya, sedangkan paling sedikit adalah dua rakaat. Namun ada juga yang berpendapat bahwa bilangan rakaatnya delapan dan dua belas. Semua pendapat itu berdasarkan dalil yang berbda-beda, diantaranya kami kutipkan dari Fiqih Sunnah Dr. Sayyid Sabiq bab Shalat Dhuha: Dari Ummu Hani bahwa Rasulullah SAW shalat dhuha 8 rakaat dan bersalam tiap dua rakaat. (HR Abu Daud) Dari Aisyah ra. Berkata bahwa Rasulullah SAW shalat dhuha 4 rakat dan menambahi sesuai dengan keinginannya. HR Ahmad Muslim dan Ibnu Majah Said bin Manshur mengeluarkan dari al-Hasan bahwa dia ditanya. Apakah para shahabat Nabi melakukan shalat dhuha? Ya, mereka melakukannya? ada yang mengerjakan 2 rakaat, ada yang 4 rakaat, ada yang shalat terus hingga tengah hari. 

Dari Ibrahim an-Nakhai bahwa seseroang bertanya kepada Al-Aswan bin Yazid. Berapa rakaat saya shalat dhuha? Dijawab terserah berapa saja. Sedangkan batasan waktu untuk shalat dhuha adalah waktu dhuha sesuai dengan namanya. Dan batasannya adalah mulai matahari sebatas tombak dan berakhir ketika tergelincirnya di cakrawala (tengah hari). Dalilnya adalah sbb: Dari Zaid bin Arqam ra. Berkata,?Nabi SAW keluar ke penduduk Quba dan mereka sedang shalat dhuha‘. Beliau bersabda,?Shalat awwabin (duha‘) berakhir hingga panas menyengat (tengah hari). HR Ahmad Muslim dan Tirmizy.

sumber : http://www.syariahonline.com/v2/shalat/sujud-sahwi-shalat-dhuha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar