Selasa, 07 Juni 2011

Kenapa Muslim Harus Kaya?

Selaku umat Muslim menjadi kaya itu sebuah keharusan tapi terkadang ada penolakan dalam mental diri entah itu katanya, ah orang kaya itu sombong,orang kaya itu pelit, orang kaya itu lama dihisabnya dan alasan lainnya yang menjadi salah satu citra seorang kaya itu buruk dimata orang kebanyakan,semoga sahabat bukan dalam golongan ini ya, yang itu menjadi salah satu mental penghalang. Mungkin itu disebakan  karena bibit-bibit kemiskinan itu memang sudah ada dalam diri kita, ada dalam lingkungan kita. Yuk, mari sahabat semua kita perbaiki mindset kita terhadap kekayaan. 

Karna itulah umat Muslim harus kaya, kita simak beberapa alasan kenapa  Seorang Muslim harus kaya menurut Islam:


1.Karena harta itu tulang punggung kehidupan.

Makanya kalau orang punya harta punggungnya tegap-tegap semua karena mereka punya uang. Berbeda sebalik nya kalau orang gak punya harta biasanya punggungnya rada bungkuk sedikit karna tidak pede ya karna gak punya duit.

Allah SWT mengatakan”Janganlah kamu berikan harta-harta kamu kepada orang-orang bodoh)orang –orang yang gak sehat akalnya) yaitu harta yang telah Allah jadikan kamu sebagai yang membuat punggung tegap”. Jadi, hidup kita tidak norlmal begitu kita tidak punya uang,..betul tidak??. Kita pasti punya banyak masalah begitu tidak punya uang.

2.Peredaran uang itu indikator keshalehan atau keburukan sebuah masyarakat.

Kalau uang itu beredar lebih banyak dikalangan orang-orang baik/shaleh maka itu indikasi masyarakat itu sehat tapi sebaliknya jika uang itu lebih banyak beredar dikalangan orang-orang buruk/jahat maka itu indikasi masyarakat itu buruk. Coba bayangkan kalo di Indonesia ini uang banya dimiliki oleh orang-orang yang jahat pasti uang nya banyak digunakan untuk sebuah kemungkaran bahkan digunakan untuk memerangi kebaikan beda sebaliknya kalau uang banyak dimiliki oleh kalangan yang shaleh, uang itu pasti banyak digunakan kepada kebaikan. Maka dari itu menjadi kaya bagi seorang Muslim adalah sebuah keharusan untuk mengembalikan keseimbangan sosial kehidupan ditengah-tengah masyarakat.
Rasulullah mengatakan” Sebaik-baiknya uang itu adalah uang yang beredar di tangan orang –orang shaleh”

3.Terlalu banyaknya perintah syariah yang hanya kita bisa dilaksanakan dengan uang. 

Kita lihat saja 5 rukun Islam. Diantara yang tidak pakai uang yaitu syahadat,sholat, puasa. Sementara zakat dan haji pakai uang. Misal 200ribu orang umat Islam Indonesia tiap tahun pergi haji. Rata-rata mengeluarkan 5000 dollar, coba bayangkan berapa banyak uang yang beredar hanya untuk melaksanakan satu ibadah saja. Belum lagi jihad. Kita tidak bisa berjihad kecuali dengan uang. Kita di Indonesia ingin berjihad ke Palestina, disana sudah tidak perlu tenaga kita disana sudah cukup. Rasul mengatakan , ”Siapa yang menyiapkan seorang bertempur maka dia juga sudah mendapat pahala perang”. Belum lagi sedekah,. Eh ya ada lho kebiasaan Nabi yang jarang kita ketahuai yaitu, ”Afsussalam wa ath’imu tho’am”. Sering-seringlah kalian mentraktir kawan-kawan kalian, jadi tradisi mentraktir itu kebiasaaan Nabi bukan gaya dari barat .

4.Karena harta itu adalah hal-hal yang dibanggakan oleh manusia sehingga menentukan strata sosial.

Menurut pengalaman salah satu Ustadz  kalau kita ingin bertemu seorang direktur di Jerman, begitu kamu parkir sekretarisnya menengok apa mobilnya Mercy apa bukan, kalu bukan nanti sekretarisnya bilang direkturnya gak ada kalau pakai Mercy disambut baik-baik oleh mereka. Katanya Mercy ini wajib disini Itu hal-hal yang dibanggakan oleh manusia dan itu berkali-kali disebutkan dalam Qur’an maka dari itu sebagai Muslim kita ingin didengar apalagi seorang da’i perlu wibawa didepan orang. Nah,kalau tidak punya uang seringkali jarang didengar oleh orang, betul tidak??

Coba aja kita lihat yang sedang marak dihukum Indonesia ini mengenai keadilan, Kalo tersangka itu orang kaya itu susah untuk dijeratnya tapi coba kalo orang miskin maling ayam habis itu digebukin orang. Oh ya Ulama-ulama kita juga meriwayatkan bahwa ternyata diantara hal-hal yang disenangi oleh wanita kepada laki-laki salah satunya adalah uangnya J. Dan kepemimpinan itu  diberikan kepada laki-laki salah satu sebabnya karena kewajiban memberikan nafkah

5.Harta itu salah satu sebab yang bisa membuat orang bisa bahagia didunia.

ada kata yang bernada,”biar miskin asal bahagia kita balik jadi biar kaya asal bahagia,...
Rasulullah Saw realistis sekali bahwa diantara yang bisa bikin kita bahagia itu, pertama, istri yang sholehah, kedua rumah yang luas, ketiga kendaraan yang nyaman, ke empat tetangga yang baik. Menurut Syeikh Qordlowy yang disebut rumah luas itu punya kamar minimal 6 kamar. Satu kamar untuk suami istri, satu kamar untuk anak laki-laki, satu kamar untuk anak perempuan,dua buah kamar untuk saudara yang menginap,satu kamar untuk pembantu itu belum termasuk mushala,perpustakaan, dapur ruang makan,runagn tamu,..wah luas ya…:)

Walau sekarang keadaan diatas belum kita miliki kita harus senantiasa untuk meraihnya agar selaku Muslim kita bisa beramal sebanyak-banyaknya,….

Wallahu’alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar