Sabtu, 17 Desember 2011

Sekilas Tentang Wakatobi


Kabupaten Wakatobi merupakan kabupaten baru hasil pemekaran dari Kabupaten Buton yang diersmikan pada tahun 2004. Kabupaten ini merupakan wilayah yang terdiri dari gugusan kepulauan yang terletak di sebelah tenggara Provinsi Sulawesi Tenggara. Kata Wakatobi sendiri diambil dari singkatan nam empat pulau besar (utama) yaitu; WAngi-Wangi, KAledupa, TOmia dan BInongko.
Kepulauan Wakatobi atau di dalam peta dunia lebih dikenal sebagai “kepulauan Tukang Besi” memiliki karakteristik wilayah yang sangat unik yaitu dikelilingi oleh gugusan pulau-pulau karang yang sangat potensial untuk pengembangan sektor Pariwisata (utamany wisata bahari) dan sektor perikanan dan kelautan
Kehidupan masyarakat Wakatobi yang sangat erat dengan kehidupan laut membentuk kultur yang sangat kental dengan nuansa bahari. Sejak dahulu palaut Wakatobi terkenal sebagai pelaut-pelaut ulung yang telah menjelajahi nusantara (dan bahkan ke negara-negara tetangga seperti malaysia, Singapura, Filipina, bahkan Australia) untuk berdagang.
Sebagai masyarakat yang heterogen, Wakatobi juga kaya akan keragaman budaya yang masih sangat kental dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya. Ini dapat terlihat dari berbagai acara maupun ritual adat yang masih sering diadakan di Wakatobi. 
Wakatobi kini sedang berupaya untuk mewujudkan suatu kehidupan yang lebih baik, sinergi antara Pemerintah Daerah dan Masyarakat diharapkan akan mewujudkan Wakatobi sebagai Surga nyata bawah laut di jantung segitiga karang dunia…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar